Wisata Ke Gunung Bromo Aman dan Lancar Bila Memperhatikan Hal Berikut

https://pixabay.com/id/gunung-berapi-java-indonesia-16912/

Wisata ke Gunung Bromo mungkin terdengar cukup berbeda dan ekstrim bagi orang yang belum pernah berwisata ke gunung. Lha kok bisa ?, saya biasa saja kok, kan belum pernah ada berita pendaki tewas di Gunung Bromo. Hmmm, iya, benar sob , tapi kan ini untuk beberapa orang saja alias bukan mayoritas orang menganggapnya demikian, hehe... Lanjut sob, Gunung Bromo memiliki akses yang mudah bagi para pendaki awam. Selain itu, sobat pembaca akan dibuat terkesima dengan pemandangan dan fasilitas wisata yang diberikan oleh para penduduk di sana. Pengalaman berlibur di Gunung Bromo akan menjadi hal yang berbeda dari liburan biasanya.

Gunung Bromo merupakan tempat wisata gunung yang tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Kawasan Gunung Bromo menyajikan keindahan pemandangan Gunung Bromo dan sekitarnya. Sebuah hal yang seru bagi sobat pembaca yang suka berpetualang, karena sobat pembaca bisa menunggang kuda untuk menemani penjelajahan di kawasan Gunung Bromo. Terdengar sangat menarik dan ingin segera berlibur ke Gunung Bromo, bukan? Namun, sebelum itu sobat pembaca harus mempersiapkan apa saja yang wajib dibawa untuk berlibur di sana.

Jangan Lupa Mengenakan Pakaian Hangat Dan Tebal

Sudah banyak orang tahu bahwa udara di gunung memiliki suhu yang lebih rendah. Pakaian tebal dan hangat jangan lupa untuk sobat pembaca kenakan ketika sobat pembaca bepergian ke Gunung Bromo. Ada baiknya juga sobat pembaca mengenakan sarung tangan, masker, dan kaos kaki agar seluruh tubuh benar-benar terjaga dari rasa dingin yang menyengat.
Pakai Jaket sob, untuk menghindari hipotermia.Sumber gambar: https://pixabay.com/id/jaket-musim-dingin-pakaian-dingin-32714/
Selain itu, jika sobat pembaca memiliki niatan untuk menginap beberapa hari di kawasan Gunung Bromo, bawa selalu pakaian hangat dan tebal di dalam tas ransel. Karena bisa jadi sewaktu-waktu sobat pembaca sangat membutuhkan pakaian ganti meskipun sobat pembaca tidak akan berkeringat sama sekali di sana. Membawa pakaian hangat cadangan menjadi keharusan untuk mengantisipasi risiko terjadinya hipotermia. Ingat sob, kita wisata untuk bersenang-senang dari berbagai kepenatan pekerjaan, jangan sampai gara-gara berwisata jadi sakit.

Hindari Penggunaan Sepatu Sneakers

Sneakers bisa sobat pembaca gunakan ketika sedang berlibur atau jalan-jalan di tempat dengan kondisi jalan biasa saja. Lain halnya ketika berlibur di Gunung Bromo. Lebih baik sobat pembaca menggunakan sepatu boot atau sepatu hiking karena jalan yang akan sobat pembaca lewati cukup terjal dengan kontur yang berbatu. Sepatu tersebut bertujuan melindungi kaki sobat pembaca, serta agar sepatu tersebut dapat digunakan di tempat yang permukaannya tidak rata.
Pakai sepatu boots atau sepatu hiking sob. Sumber gambar: https://pixabay.com/id/kaki-sepatu-sepatu-gunung-boot-3247971/
Siapkan Bekal Makanan dan Uang Tunai Secukupnya

Berlibur di gunung itu artinya sobat pembaca akan berjauhan dari kepadatan dan kemewahan kota. Itu sebabnya, sobat pembaca harus mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup selama berada di Gunung Bromo. Ada banyak pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman di sana. Namun, bagi sobat pembaca yang ingin berhemat disarankan membawa bekal makanan sendiri.
Bawa bekal makanan, biar hemat sob. Sumber gambar: https://pixabay.com/id/lezat-makanan-makan-siang-makan-1839514/
Tidak hanya itu, sobat pembaca juga tidak akan pernah menemukan mesin ATM di gunung. Hmmm, bayangkan sob kalau ada mesin ATM di tepi kawah, hehe...Tempatnya yang jauh dari kawasan padat penduduk akan menyulitkan sobat pembaca untuk mendapatkan sinyal internet dan juga mesin ATM. Nah, harus pikir-pikir ini kalau mau buat status WA, hehe... Jadi untuk masalah ATM sebaiknya sebelum sampai di Gunung Bromo, sobat pembaca bisa mampir sebentar ke tempat yang menyediakan mesin ATM dan ambil uang secukupnya untuk kebutuhan di sana.

Cek Terlebih Dahulu Status Gunung Bromo
Cek dulu status Gunung Bromo lewat internet sob. Apakah bahaya atau tidak untuk dikunjungi. Sumber gambar: https://pixabay.com/id/komputer-pc-stasiun-kerja-1185637/
Ini juga hal penting sebelum sobat pembaca berencana pergi ke Gunung Bromo. Gunung tersebut merupakan salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Sehingga, para wisatawan yang terbiasa mendaki gunung selalu mengecek status gunung yang ingin dikunjungi. Hal tersebut agar sobat pembaca terhindar dari bahaya bencana gunung berapi yang sewaktu-waktu bisa meletus. Jangan sampai mendaki saat terjadi erupsi ya sob, bisa bahaya, hehe... Nah, jadi tidak ada salahnya sebelum pergi sobat pembaca mengecek status Gunung Bromo.

Gimana sob sudah siap mendaki Gunung Bromo ?...

0 Response to " Wisata Ke Gunung Bromo Aman dan Lancar Bila Memperhatikan Hal Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel