Sisa Kemegahan Bangunan Taq Kasra di Irak



Sumber gambar: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/53/Ctesiphon_01.jpg

Lanjut jalan-jalan ke timur tengahnya sob. Setelah ke Turki, kita akan jalan-jalan ke Irak. Lho, bukannya Irak tidak aman ?, hehe...memang untuk sekarang tidak aman sob, oleh karena itu Wuisata tidak merekomendasikan sobat pembaca pergi kesana karena kondisi Irak masih berbahaya. Tapi bukan berarti kondisi tersebut menghalangi kita untuk mencari informasi mengenai obyek wisata menarik di Irak, hehe... Untuk Kali ini, Wuisata akan mengulas tentang "Sisa Kemegahan Bangunan Taq Kasra". Lokasi Taq Kasra berada di kota kuno Ctesiphon yang lokasinya berada di sebelah tenggara kota Baghdad dan berjarak sekitar 35 kilometer. Kota Ctesiphon yang dibangun di abad 120 sebelum Masehi ini memang menjadi salah satu kota kuno yang sangat besar yang pada akhir abad Mesopotamia ini ditaklukan oleh Kaum muslimin. Kalau sobat pembaca penggemar film Omar, pasti sudah tahu. 

Mengenal Kota Ctesiphon Tempat Berdirinya Bangunan Taq Kasra

Nah, salah satu struktur Islam yang masih tersisa di kota Ctesiphon adalah suatu ruang berkubah yang sangat megah yakni Taq Kasra. Keberadaan Taq Kasra begitu penting bagi Kekaisaran Persia, sebab Taq Kasra ini dulunya berfungsi sebagai Istana Daririyadh pada abad ke 6 masa kekuasaan Kaisar Sasania I. Ruangan berkubah megah ini terlihat seperti sebuah kolong yang menjadi kubah terbesar yang ada di dunia.

Kota Ctesiphon ini didirikan oleh Mithradates I yang dulunya memimpin kerajaan Parthia sesudah menguasai kerajaan Babilonia yang pada masa itu dikuasai oleh Yunani. Pada masa pemerintahan Parthia inilah kota Ctesiphon dijadikan pusat ekonomi dan politik yang akhirnya menjadi ibukota. Ada fakta menarik sob, ternyata Kota Ctesiphone ini memang banyak diperebutkan oleh kerajaan besar seperti Roma dan Parthia. Meskipun begitu, akhirnya kota ini berhasil direbut kembali oleh kekaisaran Sasania sehingga dikembangkan menjadi kota yang lebih maju.

Sesudah berhasil dikuasai oleh kota lainnya dalam waktu singkat, namun  Khosrau yang menguasai Sasania kembali berkuasa atas kota ini. Lalu, sesudahnya ia kembali membangun komplek Arch berkubah besar, yang mempunyai ukuran 37 meter dan 26 meter d istana yang besar.

Jika dalam Sumber Arab disebutkan kota Ctesiphon merupakan sebuah kota tua yang menjadi kediaman Sasanians yang dikenal dengan sebutan kerajaan Putih. Sementara untuk sisi selatan kota Ctesiphon juga disebut sebagai Aspanbar yang populer di dengan bangunan aula yang megah, permainan, kekayaan, pemandian serta lainnya. Bahkan jika Anda ke kota Ctesiphon maka Anda masih bisa melihat beberapa tempat tertua yang hingga saat ini masih dihuni yang berada di kawasan sisi timur.

Keindahan Taq Kasra

Tag Kasra ini memang menjadi kubah yang berdiri dengan bebas dan menjadi kubah terbesar yang dibangun hingga zaman modern. Ruang bawah atau belakang lengkungan ini kemungkinan dulunya dijadikan ruang tahta istana kekaisaran. Nah sob, bagian atas dari lengkungan kubah yang mempunyai ketebalan sekitar tujuh meter ini tercatat sebagai bangunan yang mempunyai besi-besi ukuran yang sangat besar ataupun terbesar hingga zaman modern. Hebat nggak sob ?, hehe...

Saat orang Arab menguasai Kota Ctesiphon, istana direnovasi menjadi masjid hingga secara bertahap ditinggalkan. Masih ingat kan Sob, ketika kaum muslimin menaklukan Persia di era Khalifah Umar bin Khattab ?, dan Secara perlahan mulai abad ke-8, pusat peradaban berpindah ke Baghdad . Sedangkan untuk reruntuhan kota Ctesiphon yang sepi digunakan sebagai sumber tambang untuk bangunan. Hingga sebuah banjir datang dan menghancurkan semua bukti-bukti itu nyaris tanpa sisa, termasuk Taq Kasra. Meskipun begitu, sepertiga bagian telah tersapu oleh banjir di tahun 1888. Namun tetap terdapat sisa kemegahan Taq Kasra.

Itulah, beberapa ulasan singkat terkait sisa kemegahan Taq Kasra. Pada dasarnya Taq Kasra memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat destinasi wisata sejarah, karena di tempat ini sobat pembaca bisa menemukan banyak sekali monumen penting. Nah, dengan adanya ulasan ini semoga dapat membantu menambah daftar referensi tempat-tempat wisata populer di dunia. Walaupun mungkin sobat pembaca masih pikir-pikir kalau mau wisata ke Irak karena kondisinya belum sepenuhnya aman. 


(Beberapa fakta Taq Kasra diambil dari referensi:  https://travel.dream.co.id/destination/taq-kasra-sisa-kemegahan-arsitektur-muslim-irak-160323p.html dan Amusingplanet.com)

0 Response to "Sisa Kemegahan Bangunan Taq Kasra di Irak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel